29 April 2012

Resep Membuat French Fries renyah ala Mc Donalds

Tak lengkap rasanya kalau ke Mc Donalds tanpa menyantap kentang goreng renyah ,rasanya renyah dan crunchy.Mau tau cara membuatnya ,mudah kok.Seorang chef dari Los Angeles mau membagikan resep rahasia membuat French Fries ala Mc Donalds.

David Myers, chef dari restoran Perancis Comme Ca di Los Angeles Amerika mengungkapkan resep rahasia yang berhasil dibuatnya untuk french fries a la McDonalds. Rahasia utama kentang goreng ini terletak pada potongan kentang yang sama


Sudah menjadi rahasia umum, french fries McDonalds dibuat dengan standar mutu yang sama. Mulai dari pemilihan kentang, pemotongan, penggorengan hingga proses pembekuan. Semuanya dilakukan melalui riset yang panjang sehingga mereka memiliki aturan baku. Inilah yang membuat french fries McDonalds memiliki rasa yang sama di seluruh Amerika bahkan di dunia.

Seperti yang diungkap chef David,”McDonalds selalu konsisten. Saya tak bisa membayangkan berapa juta dollar yang dipakai untuk riset sehingga diperoleh kualitas french fries yang sama di seluruh dunia'.

Jika McDonalds membuat kentangnya jadi beku dan dikirim ke seluruh outletnya maka chef David membuat french fries dengan gaya Perancis dengan bahan-bahan berkualitas yang bisa ditiru di rumah setiap orang.

'Rahasianya terletak pada kentang Idaho, garam Perancis dan minyak goreng yang segar berkualitas,' demikian ungkap sang chef. Selain itu juga diperlukan persiapan sebelumnya, serta konsisten seperti yang dilakukan McDonalds.

Kentang yang sudah dipotong-potong harus direndam dalam air dingin minimal 2 jam agar semua tepung yang melekat pada bekas irisannya bisa larut kemudian barulah kentang ditiriskan. Dengan resep sang shef ini french fries bisa dibuat setengah matang, disimpan dalam kulkas dan saat akan disajikan tinggal digoreng. 'Enak, renyah, gurih dan kuning keemasan,' tutur sang chef tentang french friesnya.

Ingin membuat french fries sendiri? Cobalah resep chef David seperti yang dilansir dailymail ini:

French Fries ala Chef David Myers

Bahan:
6 buah kentang Idaho
minyak goreng
garam laut

Cara membuat:

Kupas kentang lalu potong hingga berbentuk kotak.
Potong-potong ukuran 3x8x2 cm lalu rendam dalam air dingin selama 2 jam.
Tiriskan kentang hingga kering.
Panaskan minyak banyak dengan suhu 140 C.
Goreng kentang selama 2 menit.
Angkat dan tiriskan segera.
Panaskan minyak kembali hingga bersuhu 180 C.
Goreng kentang kembali hingga kuning keemasan dan kering selama 3-4 menit.
Angkat dan tiriskan.
Sajikan dalam keadaan hangat.
Untuk 6 porsi


*) Kentang Idaho adalah kentang dari daerah Idaho yang berukuran besar. Bisa dipakai kentang tes berukuran besar sebagai pengganti.


sumber : detikfood.com

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online