11 April 2011

Petinggi Partai di Inggris di tangkap karena membakar Al-Quran

London - Seorang anggota senior British National Party (BNP), Sion Owens (40), ditangkap dan ditahan Kepolisian South Wales. Dia terbukti membakar sebuah kopian Al-Quran di kebun rumahnya.

Terbongkarnya peristiwa tersebut berawal dari video klip pembakaran yang bocor ke sebuah media massa di Inggris, The Observer. Pihak Observer langsung menyerahkan video klip itu ke pihak kepolisian. Owens ditangkap beberapa jam setelah polisi menerima video, Sabtu (9/4/2011) waktu setempat. Orang kedua, yang diyakini ikut merekam peristiwa itu juga sudah ditahan.

Video klip itu memperlihatkan Owens, yang juga calon anggota Dewan Majelis Wales dalam pemilu mendatang, merendam kopian Al-Quran di minyak tanah dan membakarnya. Rekaman secara jelas mengidentifikasi Owens, yang mengenakan kaus t-shirt bertuliskan 'Whitelaw Tidak Menyerah'. Namun, tak dijelaskan kapan tindakan tersebut dilakukan.

Seperti dikutip The Guardian, Phil Davies, Inspektur Polisi South Wales, yang memimpin penyelidikan itu, mengatakan, "Kami selalu bertindak tegas terhadap peristiwa semacam ini. Kami yakin intoleransi semacam ini tidak bisa diterima dalam masyarakat kita."

Sementara itu, dari Home Office, kementerian yang bertanggung jawab atas urusan imigrasi dan keamanan di Inggris pun bersuara keras.

"Pemerintah benar-benar mengutuk tindakan itu karena mencederai masyarakat yang toleran. Kami juga mengutuk setiap upaya untuk menciptakan perpecahan di masyarakat. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki kebebasan untuk menjalani hidup mereka bebas dari rasa takut, permusuhan atau pelecehan atas dasar karakteristik tertentu, seperti agama."


sumber:detiknews

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online