18 Maret 2011

Tips mengamankan data komputer anda



Informasi apapun yang kita letakkan di komputer atau yang kita posting di internet, tidak selamanya aman. Pelaku kejahatan cyber di luar sana telah meracik banyak cara untuk bisa menyusup ke dalam ruangan kita.

Sayang sekali, banyak dari user yang belum sadar akan pentingnya perlindungan yang harus dilakukan agar data-data milik kita jauh dari jangkauan hacker. Sebenarnya tidak butuh waktu lama kok untuk melakukan langkah-langkah pengaman, toh hal itu untuk kebaikan kita juga.. :)   Berikut contohnya:

1. Jangan Umbar Apapun
Hacker dan scammer (pelaku penipuan di Internet) bisa menggali informasi tentangmu dari jejaring sosial. Biasanya, situs-situs pertemanan seperti Facebook dan Twitter memiliki settingan privacy yang bisa diatur agar tidak semua orang bisa melihat profilmu. Lakukan hal itu! Usahakan juga agar kontakmu hanyalah berisi orang-orang yang sudah kamu kenal.

2. Gunakan Password yang Kuat
Dengan semua kemampuan perlindungan yang dimiliki PC, tameng paling ampuh untuk mencegah hacker tetaplah password yang kuat. Bikin password yang tidak gampang ditebak dengan mengkombinasikan huruf dan angka/karakter, gunakan huruf kecil dan besar, dan usahakan untuk tidak menggunaka kata yang ada di kamus. Ada juga aplikasi ‘password management’ yang bisa kamu gunakan.

3. Enkripsi Data-data Sensitif
Jika kamu menyimpan data penting di komputer, pastikan filenya terenksripsi. Bagi pemakai OS X, kamu bisa mengaktifkan File Vault dari menu security setting. Untuk pengguna Windows 7, aktifkan aplikasi pihak ketiga. Banyak juga perusahaan-perusahaan yang menawarkan fitur dan aplikasi seperti McAfee’s Total Protection atau TrueCrypt.

4. Kembangkan Perilaku Sehat Berinternet
Lindungi dirimu sendiri dengan membiasakan memakai komputer dan berinternet ria secara sehat. Misal, jika menemui sesuatu yang mencurigakan di sebuah situs, jangan masukkan informasi pribadi dan jangan mudah membuka lampiran email dari seseorang.

5. Gunakan Software Keamanan yang Handal
Lapisan perlindungan yang tak kalah pentingnya bagi PC-mu adalah software keamanan yang handal. Minimal pastikan firewall dan malware protection-mu aktif. Software ini bisa didapatkan secara berbayar seperti Kapersky’sInternet Security, atau secara cuma-cuma seperti Microsoft’s Security Essentials dan Windows Firewall yang sudah built-in.



sumber : http://ictwatch.com/internetsehat/2011/03/17/jangan-pikir-dua-kali-amankan-datamu-sekarang/

Loading...

1 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online