14 Oktober 2009

Dede Yusuf Jiarahi Trowulan

Bandung (ANTARA News) - Dalam rangka persiapan pembuatan film babad "Perang Bubat", Wagub Jawa Barat Dede Yusuf akan berjiarah ke Petilasan Trowulan atau Petilasan Majapahit di Jawa Timur.

"Besok saya akan ke Surabaya untuk bicara persiapan pemuatan film "Perang Bubat" dengan Gus Ipul (Saifullah Yusuf-Wagub Jatim), selanjutnya melakukan perjalanan ke beberapa tempat yang terkait sejarah itu," kata Dede Yusuf di Bandung, Selasa.

Selain bertemu dengan Gus Ipul, Dede rencananya melakukan jiarah ke petilasan Trowulan yang selama ini dikenal sebagai petilasan raja-raja Majapahit.

Boleh jadi, Dede menjadi pejabat pemerintahan Pemprov Jabar pertama yang secara khusus mengunjungi Petilasan Trowulan.

"Rencana kunjungan Pak Wagub di Jatim berlangsung dua hari, salah satunya ke Trowulan," kata salah seorang staf Dede.

Rencana pembuatan film "Perang Bubat" memang sudah dirancang Dede sejak awal menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat. Pembuatan film kolosal tersebut akan menjadi film pertama yang merupakan hasil kerjasama antara dua Provinsi di Indonesia.

Film itu juga akan menampilkan sisi lain dari "Perang Bubat" yang telah melegenda dan mewarnai perjalanan sejarah dan budaya Jawa Timur serta Jawa Barat.

Untuk keperluan pembuatan film itu, Dede rela beberapa kali bertemu sejawatnya di Jatim untuk mematangkan rencana besar yang akan mewarnai lembaran sejarah layar lebar di Indonesia itu.

Kebetulan Dede Yusuf dan Saifullah Yusuf sama-sama pernah berperan dalam sinema layar lebar. Dede Yusuf sebelumnya dikenal sebagai aktor laga sedangkan Saifullah Yusuf pernah berperan sebagai Prabu Wirabumi dalam film "Laksamana Ceng Ho" bersama mantan Mensesneg Yusril Ihza Mahendra.

"Pemerintah daerah diharapkan bisa berperan mengangkat sejarah daerah ke layar lebar, sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas, sekaligus memperkuat kekayaan karya sinema di tanah air," kata Dede Yusuf menambahkan.(*)


Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online