19 April 2011

Perkembangan ulat bulu di Jombang Jatim mempunyai ukuran lebih besar

ulat-bulu-di-jombang-ukurannya-lebih-besar

JOMBANG- Serbuan hama ulat bulu masih terus terjadi di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, meski pembasmian semakin gencar dilakukan.

Bahkan meski ulat yang lama telah dibasmi, namun ulat-ulat yang tampak hari ini ukurannya jauh lebih besar hingga melebihi jari orang dewasa.

Kepanikan datangnya ulat bulu besar ini setidaknya dirasakan warga di Desa Alang-Alang Caruban, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. Warga merasa resah dan jijik dengan kehadiran ulat-ulat bulu jumbo tersebut. Di beberapa pohon, ulat-ulat itu tampak bergerombol dalam satu kelompok.

Warga menduga, ulat-ulat tersebut adalah ulat-ulat yang tidak mati meski telah disemprot insektisida. Terbukti, selain ukurannya membesar, sebagian ulat juga sudah menjadi kepompong.

Warga berharap dinas pertanian segera turun tangan karena ulat yang berukuran besar-besar ini lebih membuat gatal dan menjijikkan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang Suhardi, menjelaskan ulat-ulat yang ada di Desa Alang-Alang Caruban bukan tergolong ulat baru.

Menurutnya, mewabahnya hama ulat bulu saat ini disebabkan semakin berkurangnya predator pemakan ulat.

Serbuan ulat kini telah menjamah 6 kecamatan di Jombang, yakni Kecamatan Ngusikan, Diwek, Jogoroto, Tembelang, Ngoro dan Jombang Kota. Karena itu, Suhardi berjanji akan terus melakukan pembasmian.

Penyebaran hama bulu yang terus meluas, jelas Suhardi, juga disebabkan siklus penyebaran ulat bulu merupakan kali pertama terjadi di Jombang. “Jadi jika kita basmi maka hama ulat bulu tidak akan semakin meluas,” sebutnya.


sumber:okezone

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online