22 Maret 2011

Radiasi Radioaktif terdeteksi di selatan PLTN Fukushima di wilayah laut

Osaka - Zat radioaktif terdeteksi di wilayah perairan laut sekitar lokasi PLTN Fukushima, Jepang. Namun, zat radioaktif yang terdeteksi cukup tinggi ini dinilai tidak terlalu membahayakan.

Zat ini terdeteksi dalam pemeriksaan sampel air laut yang diambil dari lokasi sekitar 100 meter sebelah selatan reaktor nuklir nomor 1 di Fukushima. Pihak operator Tokyo Electric Power Co (TEPCO) seperti dilansir AFP, Selasa (22/3/2011) menyatakan, hal itu tidak akan menjadi ancaman bagi kesehatan manusia.

"Secara normal, zat radioaktif tidak akan terdeteksi di wilayah tersebut," ujar salah satu pejabat TEPCO, Naoki Tsunoda.

Tsunoda juga menyatakan, TEPCO akan terus memonitor temuan ini baik di wilayah yang sama maupun di wilayah lainnya.

Dijelaskan dia, tingkat yodium-131 ​yang terdeteksi 126,7 kali lebih tinggi dan cesium-134 yang terdeteksi 24,8 kali lebih tinggi dari standar yang ditetapkan pemerintah. Kemudian tingkat cesium-137 juga 16,5 kali lebih tinggi, sedangkan kadar kobalt-58 lebih rendah dari standar.

Gempa berkekuatan 9 Skala Richter dan tsunami yang menerjang wilayah timur laut Jepang pada 11 Maret lalu telah menghancurkan sistem pendingin di PLTN Fukushima. Akibatnya, Jepang pun berada di ambang krisis bencana nuklir. Pemerintah berupaya keras untuk mengatasi hal ini, bahkan helikopter dan truk pemadam kebakaran dikerahkan untuk menuangkan air di pemanasan batang bahan bakar yang ada di PLTN sejak Kamis (17/3) lalu.


sumber : detiknews

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online