16 Mei 2011

Puncak peringatan Waisak 2011, 1000 umat Budha padati Candi Borobudur



Sebanyak 1000 umat Buddha diperkirakan akan menghadiri perayaan Waisak di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tidak hanya dari dalam negeri, umat Buddha dari berbagai negara juga diperkirakan hadir dalam perayaan nanti.

"Estimasi umat sekitar 1.000 orang, termasuk dari beberapa negara. Diantaranya dari Thailand, India, Singapura dan negara-negara Eropa," ujar General Manager PT. Taman Wisata Borobudur, Pujo Suwarno, kepada VIVAnews, Minggu, 15 April.

Pujo mengatakan bahwa persiapan untuk perayaan Waisak telah dilakukan semaksimal mungkin, termasuk pengamanan. Saat ini, petugas yang disebar di lokasi sekitar 600 personil, kemungkinan akan ditambah seiring jumlah pengunjung yang meningkat pada hari H.

Penambahan pengamanan juga mungkin akan dilakukan karena pada perayaan Waisak, pintu masuk candi Borobudur tetap dibuka untuk umum, bukan hanya umat Buddha. Harga tiket tidak mengalami kenaikan, untuk wisatawan lokal tetap Rp20.000 dan wisatawan mancanegara US$15. "Diharapkan wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan acara peribadatan. Ini juga bisa digunakan untuk daya tarik wisatawan," ujarnya.

Perayaan Waisak di Borobudur adalah perayaan tahunan yang kerap dihadiri oleh ribuan orang. Puncak acaranya nanti adalah pelepasan 1.000 buah lampion ke udara. Pada tahun sebelumnya, lampion yang dilepaskan hanya berjumlah 500 buah. "Pelepasan lampion dilakukan agar doanya sampai," ujar Pujo.

sumber:vivanews

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online