04 April 2011

Penyu raksasa berusia 350 tahun di Vietnam

penyu-raksasa-berusia-350-tahun

Warga Hanoi percaya usia penyu itu telah mencapai 350 tahun

Seekor penyu raksasa berusia lebih dari seratus tahun dan dipercaya sebagai simbol kemerdekaan Vietnam diputuskan untuk dirawat oleh pemerintah.

Sekitar 50 petugas penyelemat lingkungan dengan menggunakan tiga jaring dan dua kapal motor kemarin (3/4) berhasil menangkap penyu tersebut untuk selanjutnya menjalani perawatan.

Ribuan orang di Hanoi dilaporkan menyaksikan proses penangkapan penyu yang terlihat mengalami luka terbuka pada kepala dan lehernya.

Sejumlah ahli reptil di negara tersebbut mengemukakan sejumlah teori tentang penyebab luka yang terdapat pada penyu seberat 200 kg itu, beberpa mengatakan luka itu terjadi akibat sampah dan polusi yang terdapat pada danau Hoan Kiem.

Sebagian lainnya menyebutkan luka itu karena kail nelayan dan gangguan kura-kura kecil.

Meski mengalami luka namun kondisi penyu itu dikabarkan stabil dan saat ini tengah menjalani perawatan di sebuah pulau di sekitar Hanoi.

Kabar mengenai upaya penyelamatan penyu ini sendiri telah menghiasi halaman media di Vietnam selama beberapa bulan terakhir.

Media milik pemerintah menyebutkan penyu ini sangat dihormati dan diberi julukan "orang tua yang agung", meskipun sebagaian ahli memperkirakan usia penyu itu sekitar 80 hingga 100 tahun namun warga disana percaya penyu tersebut telah berusia 300 tahun.

"Anda bisa katakan bahwa penyu itu merupakan reperesentasi dari negara ini, sehingga merawat penyu itu merupakan sesuatu yang sangat penting," kata seorang warga Hanoi yang berusia 78 tahun, Luu Tien Xuan.

"Masyarakat sangat peduli. Para pemimpin sangat peduli.. sangat menyedihkan jika penyu itu tidak ada lagi di danau Ho Guom (nama lain danau Hoan Kiem)."

sumber:detiknews

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online