13 April 2011

Makanan yang dapat melangsingkan tubuh dengan mempercepat metabolisme

makanan-yang-dapat-membuat-langsing

Kunci untuk langsing dan menurunkan berat badan adalah mempercepat sistem metabolisme. Selain olahraga, beberapa nutrisi tepat dapat membantu mempercepat metabolisme Anda.

Hal utama yang menyebabkan cepat atau lambatnya kenaikan berat badan adalah sistem metabolisme dan proses pembakaran kalori. Semakin tinggi metabolisme, maka makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh.

Metabolisme adalah proses tubuh yang mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energi. Selama proses biokimia yang kompleks, kalori dalam makanan dan minuman yang dikombinasikan dengan oksigen akan melepaskan energi yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh.

Berikut beberapa nutrisi yang bisa membantu mempercepat sistem metabolisme tubuh, seperti dilansir Lifemojo, Rabu (13/4/2011):

1. Teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang kuat yaitu flavonoid, yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung, stroke dan kanker. Sebuah studi yang dilakukan di University of Geneva menemukan bahwa teh hijau mengandung catechin polyphenol, yaitu bahan kimia tanaman yang dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 4 persen.

2. Almond
Almond mengandung asam lemak esensial dan serat, yang tidak hanya meningkatkan metabolisme tetapi juga memuaskan selera dan mengekang keinginan untuk makan berlebih, sehingga membantu penurunan berat badan.

3. Telur
Semua protein makanan membantu dalam meningkatkan tingkat metabolisme. Telur adalah salah satu makanan protein terbaik yang membantu meningkatkan metabolisme. Namun perlu dicatat bahwa kuning telur tinggi lemak sehingga perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsi putih telur saja. Albumin dalam putih telur membantu untuk membangun massa tubuh tanpa lemak juga membantu membakar lemak.

4. Lemon
Lemon yang tinggi vitamin C , bertindak seperti antioksidan dalam tubuh. Lemon diyakini menjadi pembersih kuat untuk hati. Hati bertanggung jawab untuk memproses lemak dan mendukung sistem pencernaan. Ini berjalan jauh untuk meningkatkan aktivitas metabolik.

5. Bayam
Bayam sangat terkenal dengan zat besi, kalium dan magnesium. Bayam juga dianggap memiliki sifat antioksidan yang baik, yang tidak hanya membantu dalam menyingkirkan radikal bebas yang dihasilkan dalam tubuh, tetapi juga membantu dalam memperbaiki jaringan otot yang rusak. Bayam yang kaya serat juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh dan membantu dalam proses penurunan berat badan.

6. Kafein
"Segelas minuman berkafein seperti teh dan kopi dapat meningkatkan laju metabolisme basal sekitar 5 sampai 10 persen selama dua jam," kata Dr Nicola Lowe, dosen nutrisi senior di University of Central Lancashire, seperti dilansir Dailymail.

Menurutnya, kafein sebagai stimulan dapat meningkatkan aktivitas saraf dan membuat gerakan tubuh lebih. Kafein juga mengubah penggunaan bahan bakar, sehingga tubuh lebih banyak membakar lemak untuk energi daripada glukosa.

7. Air dingin
Sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh sekelompok peneliti Jerman menyatakan bahwa jika Anda mengonsumsi air dingin, tingkat metabolisme meningkat sampai 24 persen setelah jangka waktu 90 menit.

8. Yogurt
Yogurt disusun sesuai dengan budaya probiotik, yang sehat bagi bakteri dalam usus. Hal ini tidak hanya membantu dalam pencernaan yang lebih baik, tetapi juga mempercepat metabolisme tubuh. Selain itu, yoghurt disusun dengan menggunakan susu skim rendah lemak dan protein yang berkualitas baik. Dengan demikian, yogurt benar-benar bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

9. Gandum utuh
Gandum utuh adalah sumber yang sempurna untuk karbohidrat kompleks dan serat, yang membantu meningkatkan tingkat metabolisme. Hal ini, pada gilirannya, menghasilkan penurunan berat badan.

sumber:detikhealth

Loading...

0 comments:

Poskan Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online