05 Maret 2011

Dalam merayakan hari raya Nyepi Umat Hindu Yogyakarta Menggelar Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan

Ribuan umat Hindu dari Yogyakarta dan Jawa Tengah melakukan upacara Tawur Agung Kesanga di pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat (4/3/2011). Prosesi Tawur Agung ini dilakukan sehari menjelang Hari Raya Nyepi tahun Saka 1933 yang jatuh Sabtu 5 Maret

Ogoh-ogoh sebagai bentuk perwujudan keburukan dan keangkaramurkaan diarak mengikuti prosesi mendhak tirta di kompelks Candi Brahma, Wisnu dan Siwa di Candi Prambanan.


Ogoh-ogoh sebagai lambang keburukan, keserakahan, keangkaramurkaan yang merupakan karya umat Hindu terutama para mahasiswa Bali yang tengah belajar di Yogyakarta turut menyemarkkan prosesi Tawur Agung Kesanga Tahun Baru Saka 1933.


Umat Hindu melakukan upacara mendhak tirta dan pradaksina di Candi Prambanan sebelum hari raya Nyepi untuk membersihkan jagat besar sebelum melakukan catur brata penyepian.

Prosesi Pradaksina yakni mengitari candi dari arah kiri ke kanan sebanyak 3 kali



Mensucikan bangunan candi Wisnu di kompleks Candi Prambanan dengan melakukan upacara mendhak tirta sebagai bentuk penyucian diri dan penyucian jagat sebelum umat Hindu melakukan catur brata penyepian.



Berbagai sesaji persembahan umat Hindu DIY dan Jawa Tengah dalam prosesi Tawur Agung Kesanga Tahun Saka 1933 merupakan salah satu bentuk penyucian diri sebelum hari raya Nyepi




Sumber : detikfoto.com

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online