02 Mei 2012

Gunung Merapi perlu di waspadai karena kondisinya sudah Melembung

gunung-merapi-waspada

Setahun sudah erupsi merapi terjadi terlihat jelas gunung Merapi dari bekas obyek wisata Kaliadem di desa Kepuharjo Cangkringan sleman DI Yogyakarta masih tertimbun material vulkanik sisa erupsi (gambar di ambil 25/10/11).Sudah setahun pemerintah belum juga melakukan pembenahan secara signifikan pada beberapa daerah bencana.

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah sudah mulai menunjukkan aktivitasnya,hal ini terlihat dari menggemuknya bagian puncak Merapi.

Salah satu penemuan riset kerjasama antara LIPI,Kemenristek,Japan Science and Technology (JST),dan Japan Coopration Agency (JICA)yang di sampaikan pada hari Selasa (1/5/12) di kantor COREMAP LIPI Jakarta.


"Tahun 2010 Merapi meletus. Ternyata tahun 2011 itu Merapi sudah mengalami deformasi. Magma sudah mengisi Merapi," ungkap Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)


Menurut Surono, deformasi terjadi saat magma sudah mengisi gunung berapi dan gunung mulai melembung. Deformasi bisa diamati dan dilihat dengan melakukan observasi kembang kempis gunung, getaran, dan panas dinginnya uap air.

"Saat ini Merapi sudah mulai melembung. Dalam waktu 2 bulan, Merapi sudah melembung 3 meter," kata Surono


Menurut Surono, menggembungnya Merapi sudah harus disertai dengan pengamatan aktivitas vulkanik secara terus-menerus. Harus dicermati kecepatan suplai magma dan apakah magma sudah hampir dikeluarkan.

Pengamatan bisa dilakukan dengan melihat kegiatan kegempaan. Bila gempa terdeteksi sampai pada jarak 1 km, maka perlu diwaspadai. Saat ini kegempaan masih pada 5 km.

Surono mengatakan, waktu letusan Merapi belum bisa diprediksi. Namun, aktivitas vulkanik Merapi diketahui mengalami perubahan.

"Tidak ada kubah. Jadi benar-benar bolong," kata Surono


Ia mengatakan, kewaspadaan dan kesiap siagaan perlu ditingkatkan untuk mengantisipasi bencana Merapi. Persoalan peralatan dan sumber daya manusia yang memantau aktivitas gunung Merapi perlu diselesaikan.

United States Geological Survey (USGS) memperkirakan, jika antisipasi letusan Merapi tak dipersiapkan, maka jumlah korban jiwa bisa mencapai puluhan ribu .

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online