03 Mei 2011

Osama bin laden tewas ditembak dalam operasi militer AS



Washington DC - Pimpinan Al Qaeda, Osama bin Laden, tewas ditembak dalam operasi militer gabungan Amerika Serikat (AS). Dalam operasi militer itu, Osama mendapat kode nama 'Geronimo'. Ketika dia dinyatakan tewas, terdengar suara, "Geronimo EKIA!"

Pada Minggu (1/5/2011) siang menjelang sore waktu Amerika Serikat (AS), Presiden AS Barack Obama beserta para penasihatnya berkumpul di Situation Room, Gedung Putih. Mereka memonitor operasi militer di Pakistan secara langsung.

Pada saat yang sama, helikopter AS melayang-layang di atas wilayah udara Pakistan. Saat memonitor jalannya operasi militer, Situation Room itu hening. Salah satu ajudan Obama mengatakan, wajah Obama tampak 'membatu'. Wakil Presiden AS Joseph R Biden Jr terlihat memilin-milin rosarionya.

"Menit-menit berlalu seperti berhari-hari," ujar penasihat Obama, Kepala Kontraterorisme Gedung Putih John O Brennan, seperti dilansir dari New York Times, Selasa (3/5/2011).

Selain kejadian langsung operasi militer, tampak dalam salah satu layar, Direktur CIA Leon E Panetta yang menjelaskan detil operasi dari kantor pusat CIA, di Langley, Virginia.

"Mereka sudah mencapai target," kata Panetta.

Menit-menit pun berlalu.

"Kita sudah mendapatkan gambar visual Geronimo," kata Panetta.

Beberapa menit kemudian, terdengar suara "Geronimo EKIA". Dan, Situation Room kembali hening.

"Kita mendapatkannya," Obama membuka suara.

Rupanya 'Geronimo EKIA' adalah kalimat untuk menjelaskan bahwa Osama telah tewas ditembak. Geronimo, merupakan kode panggilan bagi Osama, sedangkan EKIA, merupakan Enemy Killed In Action.

Sebelumnya diberitakan Gedung Putih telah melansir foto-foto nobar yang diadakan di Situation Room itu. Lihatlah ekspresi Obama yang serius. Lalu juga Menlu Hillary Clinton yang tampak tegang dengan menutupi mulutnya. Ada juga Wapres Joe Biden dan sejumlah petinggi keamanan.

Petinggi keamanan itu terdiri dari Brigjen Marshall B. “Brad” Webb, Deputi Penasihat Deputi Keamanan Nasional Denis McDonough, dan Menhan Robert Gates.

Sedangkan yang berdiri adalah Laksamana Mike Mullen,Penasihat Keamanan Nasional Tom Donilon; Bill Daley; Tony Binken, Audrey Tomason, John Brennan (Asisten Presiden untuk Keamanan Dalam Negeri dan Conterterorisme) dan Directur Intelijen Nasional.

Mereka menonton siaran langsung itu di layar TV. Mereka menyaksikan tentara penyerang menembak mati Osama bin Laden. Peluru mengenai mata kiri Osama. Demikian dilansir Daily Mail, Selasa (3/5/2011). Sebelum mereka nobar, mereka sempat menggelar rapat. Obama memberi petunjuk-petunjuk dan menerima laporan jajarannya.



detikNews : Geronimo EKIA! Dan Osama pun Dipastikan Tewas

Loading...

0 comments:

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online