17 Oktober 2010

Pawai budaya dalam rangka Jogja Java Carnival 2010

jogja java carnival 2010

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Perhelatan Jogja Java Carnival 2010 dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-254 Kota Yogyakarta berlangsung semarak, Sabtu (16/10/2010) malam. Pawai bermacam-macam kendaraan hias yang didukung lebih dari 1.000 peserta itu mendapat sambutan antusias warga.

Antusiasme puluhan ribu warga untuk menyaksikan perhelatan tahun ketiga ini sudah terlihat sejak sore hari. Ruas-ruas jalan di sekitar rute karnaval, seperti Jalan Malioboro, Jalan Mataram, Jalan Brigjen Katamso, dan Jalan KH Ahmad Dahlan macet.

Warga dari berbagai kalangan menyesaki rute karnaval yang mengambil tema besar "Harmonight" sepanjang 1,4 km, mulai dari Jalan Malioboro hingga Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Panitia juga menyediakan layar raksasa yang tersebar di enam titik kota untuk mengakomodasi warga yang tak kebagian tempat.



jogja javfa carnival
hut yogya 254
pawai
Karnaval yang juga diramaikan partisipan dari Thailand dan Suriname itu dimulai pukul 19.00. Para peserta menampilkan kebolehan masing-masing berupa tarian, akrobat, dan atraksi belasan mobil hias di hadapan warga dan tamu VIP yang di antaranya dihadiri oleh Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X serta Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto.

Tujuh kendaraan hias yang menjadi atraksi utama dan didukung 612 penari membawakan tema "Gunungan", "Putri Bulan", "Tugu Golong Gilik", "Tuwuh" (lingkungan hidup), "Global Warming" (pemanasan global), "Dewi Air", dan "Naga Jawa". Tema-tema itu merupakan perwujudan dari tiga subtema karnaval, yakni keselarasan dengan sesama (golong gilig), keselarasan dengan alam (hamemayu hayuning bawana), dan keselarasan dengan pencipta (manunggaling kawula gusti)

Loading...

2 comments:

Jogja Java Carnival ini dapat dijadikan salah satu rangkaian kegiatan dalam paket jogja tour. Apalagi ada kendaraan hias yang bagus-bagus tuh... :)

Selain kendaraan hias, baju yang dipakai oleh para peserta pawai juga sangat unik dan menarik yah. Sayangnya baju tersebut tidak di jual yah.....

Posting Komentar

Komentar tanpa moderasi,dan blog ini Do Follow blog
Silahkan komentar

Download mp3,lirik lagu

online